Selain Strawberry, Buah Eksotik Ini Bisa Dijadikan Oleh-oleh Usai Berwisata dari Telaga Sarangan Magetan

- Jumat, 4 November 2022 | 18:31 WIB
EKSOTIK - Oleh oleh Magetan buah Pumkin atau labu jepang atau cabuca.  (KLIKTIMES.COM/YANTO)
EKSOTIK - Oleh oleh Magetan buah Pumkin atau labu jepang atau cabuca. (KLIKTIMES.COM/YANTO)

KLIKTIMES.COM | MAGETAN - Selain jajanan khas Magetan seperti jenang candi, trasikan, wajik dan buah strawberry buah ini bisa dijadikan oleh oleh usai berwisata di Telaga Sarangan di Magetan Jawa Timur. Buah eksotik berwarna orange yang dijual ditepi jalan berjajar dengan buah strowberry di Desa Dadi Kecamatan Plaosan ini rasanya enak manis dan lembut setelah dikukus.

Buah yang memiliki banyak sebutan yaitu mulai dari pumkin, labu jepang kemudian labu emas dan cabuca ini dikatakan si penjual oleh oleh bernama Harno (33) sebagian besar hasil dari tanaman masyarakat setempat. Pumkin dijualnya cukup murah yaitu Rp15 ribu sekilo atau Rp30 ribu per tiga buahnya.

Baca Juga: Tuna Asmara? Berikut Daftar Aplikasi Cari Jodoh Paling Ampuh di Indonesia

"Pamkin atau labu jepang, labu emas atau disebut cabuca disini menjadi tanaman primadona bagi petani. Biasa dibuat oleh oleh selain strawberry oleh wisatawan sepulang dari telaga Sarangan," kata Harno kepada kliktimes.com, Jumat (4/11/2022).

Buah ini, lanjutnya, memiliki rasa manis dan lembut. Cara mengolahnya terserah, bisa dikukus, dibuat kolak dipaes atau dibuat sayur. Baik untuk anak balita karena banyak mengandung vitamin C.

"Ya setiap hari ada saja wisatawan yang mencari buat oleh oleh. Namun yang paling banyak pada hari hari libur seperti Sabtu dan Minggu. Bisa terjual satu kwintal lebih dalam sehari," ungkapnya.

Kelebihan buah labu ini menurut Harno bisa tahan hingg satu tahun. Semakin lama rasanya malah akan semakin manis. Selain labu ini Ia juga menjual buah buah lain hingga bunga anggrek hutan juga ada.

"Wisatawan yang bingung oleh oleh bila ke Magetan labu ini bisa menjadi pilihan lah," pungkasnya. (rin/sre)

Editor: Moh Haikal Aslikh Rosyada

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X