Kali Keempat, GP China Dibatalkan Akibat Covid-19

tya
- Jumat, 2 Desember 2022 | 23:53 WIB
BATAL - Balapan Formula 1 China akan kembali gagal karena Covid-19  (Formula1.com)
BATAL - Balapan Formula 1 China akan kembali gagal karena Covid-19 (Formula1.com)

KLIKTIMES.COM | BEIJING - Formula 1 membatalkan Grand Prix China untuk keempat kalinya secara berturut-turut karena masalah COVID-19 di negara tersebut yang tak kunjung usai.

Formula 1 mengonfirmasi, setelah berbicara dengan promotor dan otoritas terkait, bahwa Grand Prix China 2023 batal digelar karena kesulitan yang terus berlanjut akibat situasi COVID-19,” demikian pernyataan Formula 1 dalam laman resminya, Jumat.

Formula 1 sedang menimbang opsi alternatif untuk menggantikan slot China pada kalender 2023 dan akan mengumumkannya pada waktunya nanti.”

China terakhir kali menggelar balapan Formula 1 di Shanghai pada 2019 sebelum COVID-19 melanda negara tersebut. Sejak saat ini, China telah membatalkan hampir seluruh kejuaraan internasional yang dijadwalkan digelar di sana kecuali Olimpiade Musim Dingin Beijing pada Februari lalu.

Baca Juga: Franco Uncini Serahkan Tongkat Estafet Jabatan FIM GP Safety Officer

Pembatalan Grand Prix China 2023 diputuskan ketika kota-kota di seluruh China mulai melonggarkan pembatasan COVID-19 setelah protes nasional yang menuntut agar pemerintah mengakhiri penguncian atau lockdown di seluruh negeri.

Kemarahan publik atas kebijakan nol COVID-19 China—yang melibatkan lockdown dan pengujian massal bahkan karantina bagi orang-orang yang tak terinfeksi—telah memicu protes di kota-kota besar, termasuk Beijing, Shanghai dan Guangzhou.

Dengan pembatalan Grand Prix China maka slot tahun depan bisa saja digantikan oleh Portugal atau Turki.

Baca Juga: Max Verstappen terabaik di GP Amerika

Portugal menjadi tuan rumah Grand Prix Portimao pada 2020 dan 2021, sedangkan Istanbul Park terakhir kali menggelar balapan pada 2021.

Halaman:

Editor: tya

Sumber: ANTARA

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X