• Sabtu, 3 Desember 2022

Menginterpretasi: Film MAHENDRAPAVARTA

- Selasa, 27 September 2022 | 14:40 WIB
Jonnie Kirman, Romo Mudji Sutrisno, Darmawan Dadijono.Seusai pemutaran dance film Mahendraparvata di CGV Malang City Point, Sabtu, 24/9/2022. Dok.Jonnie Kirman (Jonnie Kirman)
Jonnie Kirman, Romo Mudji Sutrisno, Darmawan Dadijono.Seusai pemutaran dance film Mahendraparvata di CGV Malang City Point, Sabtu, 24/9/2022. Dok.Jonnie Kirman (Jonnie Kirman)

Oleh Jonnie Kirman


Nonton bareng dengan para tokoh Budayawan, Sineas, Pujangga, Para Pendidik, Rekan rekan, Mas Restu Respati seorang penulis dan pemerhati sejarah, Indra dari AremaTv, Yosoeft Muntaha seorang Sineas, aktifis perempuan Sarwendah, para seniman, dan di hadiri juga oleh Pelukis tersohor Koeboe Sarawan dkk dari Batu, Para penggiat seni dan masyarakat di Malang Raya. Dan tentu saja ada Mas Malik dari Kliktimes.com sebagai moderator diskusi. Nonton bareng di CGV Malang City Point merupakan sesuatu hal semangat, yang membangkitkan gairah untuk menapak dan mewarnai dunia seni, khususnya senirupa yang saya geluti.

 

Pada hari sabtu tanggal 24 september 2022 sekitar pukul 15 saya sudah hadir dan tiba di Malang City Point, lantai 3 depan pelataran bioskop CGV MCP, dan mendapatkan sebuah surprise, ketika melihat Romo Mudji Sutrisno ikut hadir disana, setelah menyalami dan di perkenalkan dengan aktornya Mas Iwan Dadijono, dramaturgi & naskah Mas Seno Joko Suyono, Uni Yessy Apriati Pimpinan Produksi dan beberapa rekan tim yang terlibat dalam film Mahendrapavarta, kami sempat berbincang bincang dengan beliau Romo Mudji adalah seorang sahabat lama yang baru berjumpa kembali di MCP, terakhir bertemu beliau sekitar tahun 2014 ketika Romo Mudji Sutrisno pameran tunggal di TIM Cikini Jakarta.

Romo Mudji Sutrisno, Darmawan Dadijono, Abdul Malik, Seno Joko Suyono. Jagongan gayeng seusai pemutaran dance film Mahendraparvata di CGV Malang City Point, Sabtu, 24/9/2022. Dok.Jonnie Kirman (Jonnie Kirman)

Lalu sekitar pukul 16: 15 kami memasuki ruangan pemutaran film Mahendrapavarta, saya sangat menikmati, film Tari dengan setting jalan setapak menuju suasana hutan belantara, ada aliran air di tepian sungai, situs kuno di Kamboja, dan Borobudur dalam suasana yang begitu menghanyutkan menuju ruang imajinier yang menggetarkan hati, untuk menjelajah sebuah hening rasa (geist) sebuah manifestasi dari Sang Pencipta, Liyan atau sebuah Credo dari sang Ilahi yang diejahwantahkan pada alam kehidupan dunia ini.
Manusia sebagai mahluk hidup mewakili reprentasi dari Sang Liyan, manusia merupakan mahluk yang cerdas, untuk dapat menikmati keselarasan alam semesta ini yang harmonis, bahkan mendapatkan pikiran bijaksana untuk mengelola dan menjaga keberlangsungan mahluk hidup di alam semesta ini.

Manusia sebagai reprentasi atau perwakilan dari Sang Pencipta, juga memiliki imajinasi, ruang hayalan yang “liar”, dan kecerdasan daya cipta seni yang tinggi, untuk menghadirkan sebuah kebudayaan yang luhur, pada setiap jamannya.
Bumi tempat berpijak dan sumber kehidupan manusia, kadang juga menimbulkan keangkaraan dari diri manusia itu sendiri, karena mulai berpusat pada dirinya sendiri, sehingga menimbulkan keegoan yang tak terbendung, (hamartia) dengan daya ego imajiner manusia mengeksplorasi dan mengeksploitasi alam ini secara sporadis, sehingga keseimbangan dan keharmonisan alam ini turut terguncang, akibatnya, terjadi gempa bumi, gunung meletus, banjir bandang dan seterusnya karena keangkaraan manusia itu sendiri.

 

Baca Juga: Mahendraparvata, Dance Film yang Usung Pesan Pluralisme

Halaman:

Editor: Abdul Malik

Tags

Artikel Terkait

Terkini

SMP Islam Krembung Sidoarjo, Menyemai Budaya Literasi

Jumat, 2 Desember 2022 | 15:53 WIB

Tlusupen

Kamis, 1 Desember 2022 | 23:22 WIB

Puisi Hari AIDS

Kamis, 1 Desember 2022 | 15:40 WIB

Makna ‘Biru-nya Malang’ : Suatu Warna Favorit

Kamis, 1 Desember 2022 | 10:02 WIB

Misteri Simbol 666, Ini Makna Sebenarnya

Rabu, 30 November 2022 | 18:48 WIB

Puisi Hari Menanam Pohon Indonesia

Selasa, 29 November 2022 | 16:35 WIB

Puisi Hari Dongeng Nasional

Selasa, 29 November 2022 | 07:12 WIB
X