Biaya Bikin SIM C, Berapa Sih?

- Jumat, 27 Januari 2023 | 09:16 WIB
Permudah Layanan SIM, Polres Malang Suguhkan Pelayanan Publik yang Transparan dan Prima (KLIKTIMES.COM/TOSKI)
Permudah Layanan SIM, Polres Malang Suguhkan Pelayanan Publik yang Transparan dan Prima (KLIKTIMES.COM/TOSKI)

KLIKTIMES.COM | MALANG - Bicara soal perubahan atau pembaruan aturan buat SIM C tahun 2022 lalu, Presiden Jokowi sempat mengatakan bahwa setiap pemohon penerbitan SIM dan STNK wajib terdaftar di BPJS Kesehatan.

Di Indonesia masyarakatnya cenderung lebih banyak menggunakan sepeda motor untuk beraktivitas. Untuk itu, diperlukan SIM C agar bisa mengendarai sepeda motor secara legal di mata hukum.

Masyarakat yang mengendarai sepeda motor tanpa memiliki SIM C bisa dibilang melanggar aturan. Pengendara yang nekat berkendara tanpa membawa SIM bisa mendapatkan sanksi dari pihak kepolisian.

Di dalam prakteknya, SIM C hanya bisa dibuat oleh mereka yang telah memenuhi syarat pembuatan SIM C terlebih dahulu. Pemohon juga akan diwajibkan mengikuti sejumlah test dalam pengajuan SIM C ini. Tak jarang peserta ujian SIM C mengalami kegagalan dalam tes ini, sehingga proses pengajuan SIM harus diulang kembali di lain waktu.

Biaya pembuatan SIM C merupakan informasi yang banyak dicari, terutama untuk mereka yang akan segera berusia 17 tahun dan sudah bisa membuat Surat Izin Mengemudi (SIM) untuk pertama kalinya. SIM C merupakan bukti registrasi yang menunjukkan bahwa seseorang telah memenuhi semua persyaratan untuk mengemudikan kendaraan roda dua.

Terkait besaran biaya bikin SIM C, telah diatur dalam Peraturan Pemerintah Nomor 76 Tahun 2020 tentang Jenis dan Tarif atas Jenis Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) yang Berlaku Pada Kepolisian Negara Republik Indonesia.

Berikut ini adalah rincian lengkap biaya yang dibutuhkan untuk biaya pembuatan SIM baru di Indonesia:

SIM A = Rp 120.000,-
SIM BI = Rp 120.000,-
SIM BII = Rp 120.000,-
SIM C = Rp 100.000,-
SIM CI = Rp 100.000,-
SIM CII = Rp 100.000,-
SIM D = Rp 50.000,-
SIM DI = Rp 50.000,-
SIM Internasional = Rp 250.000,-
Saat ini, pembuatan SIM C telah dibedakan menjadi 3 golongan yang dikelompokkan berdasarkan kapasitas mesin motor, yakni:

SIM C : untuk motor berkapasitas mesin maksimal sebesar 250 cc.
SIM CI : untuk motor berkapasitas mesin lebih dari 250 cc - 500 cc.
SIM CII : untuk motor berkapasitas lebih dari 500 cc.
Meski terdapat perbedaan jenis SIM C, biaya buat SIM C ini sama saja, yakni sebesar Rp 100 ribu. Namun selain biaya bikin SIM C tersebut, pemohon juga akan diwajibkan untuk membayar biaya asuransi sebesar Rp 30 ribu dan juga biaya pemeriksaan kesehatan sebesar Rp 25 ribu.(afk)

Editor: Anggi Dwi Anggraeni

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Teddy Minahasa Dituntut Hukuman Mati

Kamis, 30 Maret 2023 | 14:13 WIB

Mantan Ketua KY Jaja Ahmad Dibacok di Bandung

Rabu, 29 Maret 2023 | 00:41 WIB
X