Ini Penyebab Sambo Dituntut Penjara Seumur Hidup

- Selasa, 17 Januari 2023 | 18:48 WIB
SIDANG LANJUTAN - Ferdy Sambo memberikan keterangan kepada wartawan di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Jakarta, Selasa (29/11/2022).  (ANTARA/Putu Indah Savitri)
SIDANG LANJUTAN - Ferdy Sambo memberikan keterangan kepada wartawan di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Jakarta, Selasa (29/11/2022). (ANTARA/Putu Indah Savitri)

KLIKTIMES.COM | JAKARTA - Jaksa Penuntut Umum (JPU) telah membacakan tuntutan hukuman penjara seumur hidup mantan Kadiv Propam Polri Ferdy Sambo. Dalam sidang kasus pembunuhan Nofriansyah Yoshua Hutabarat (Brigadir J) di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan Selasa (17/1/2023).

Hal Yang memberatkan terdakwa dituntut tersebut, JPU menjelaskan jika Sambo telah menghilangkan nyawa orang lain. Selain itu suami terdakwa Putri Candrawathi itu juga telah mencoreng nama institusi kepolisian tempatnya bertugas.

"Perbuatan terdakwa telah mencoreng institusi Polri di masyarakat Indonesia dan internasional. Perbuatan terdakwa membuat banyak anggota Polri terlibat,” terang Jaksa saat membacakan tuntutan saat sidang.

JPU juga menilai jika Sambo berbelit belit dalam memberikan keterangan. Bahkan tidak mengakui perbuatannya.

"Terdakwa berbelit-belit dan tidak mengakui perbuatannya dalam keterangan di persidangan, perbuatan terdakwa menimbulkan keresahan dan kegaduhan yang luas di masyarakat,” jelasnya.

Sebelumnya Jaksa Penuntut Umum (JPU) akhirnya menuntut hukuman Ferdy Sambo dengan hukuman penjara seumur hidup. Tuntutan itu diberikan karena Sambo terbukti melakukan dugaan pembunuhannya berencana atas Nofriansyah Yoshua Hutabarat (Brigadir J).

“Menuntut supaya majelis hakim PN Jaksel yang memeriksa dan mengadili perkara ini memutuskan menyatakan terdakwa Ferdy Sambo terbukti bersalah melakukan dengan sengaja dan dengan rencana terlebih dahulu merampas nyawa orang lain. Menjatuhkan pidana terhadap Ferdy Sambo dengan pidana penjara seumur hidup,” jelas jaksa saat membacakan tuntutan di PN Jaksel, Selasa (17/1/2023). (ian/sre)

Editor: Moh Haikal Aslikh Rosyada

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Biaya Bikin SIM C, Berapa Sih?

Jumat, 27 Januari 2023 | 09:16 WIB

Curahan Hati Richard Eliezer dari Jeruji Besi

Kamis, 26 Januari 2023 | 16:35 WIB

Eks Panglima GAM Izil Azhar Tiba di KPK

Rabu, 25 Januari 2023 | 21:11 WIB
X