Pakai Pesawat Jadul, Berikut ini 3 Fakta Menarik Militer Korea Utara

- Selasa, 17 Januari 2023 | 22:30 WIB
PUTRI KIM JONG UN - Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un memeriksa rudal balistik antarbenua (ICBM) dalam foto tak bertanggal yang dirilis oleh Kantor Berita Pusat Korea (KCNA) Korea Utara (19/11/2022).  (ANTARA FOTO/KCNA via REUTERS/aww.)
PUTRI KIM JONG UN - Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un memeriksa rudal balistik antarbenua (ICBM) dalam foto tak bertanggal yang dirilis oleh Kantor Berita Pusat Korea (KCNA) Korea Utara (19/11/2022). (ANTARA FOTO/KCNA via REUTERS/aww.)

KLIKTIMES.COM | JAKARTA - Korea Utara merupakan salah satu negara di semenanjung Korea yang terkenal sebagai salah satu negara penganut paham sosialis-komunis yang cukup kental di kawasan Asia. Negara ini bahkan menjadi salah satu negara paling tertutup di dunia hingga hari ini.

Korea Utara juga dikenal sebagai negara yang seringkali melakukan tindakan militeristik kepada tetangga sekaligus saudaranya yakni Korea Selatan.

Sejak perang Korea yang meletus pada tahun 1950-1953 kedua belah negara memang dikenal tidak pernah akur. Bahkan, bisa dibilang perang Korea hingga saat ini belum berakhir karena statusnya yang merupakan gencatan senjata.

Korea Utara sendiri seringkali melakukan tindakan provokatif baik kepada Korea Selatan maupun negara tetangga mereka yang lain, yakni Jepang. Bahkan, tidak jarang kedua negara tersebut seringkali bersitegang dengan Korea Utara.

Selain itu, Korea Utara memang terkenal sebagai negara yang seringkali memamerkan kekuatan militernya baik kepad Korea Selatan maupun kepada pihak lainnya. Berikut ini adalah 3 fakta menarik tentang militer Korea Utara.

Senjata Nuklir

Korea Utara dikenal sebagai salah satu negara di dunia yang terang-terangan melakukan pengembangan nuklir untuk kepentingan militer. Dilansir dari beberapa sumber, Korea Utara mulai mengembangkan nuklir sebagai sistem persenjataan mereka pada era perang dingin.

Beberapa pengamat berpendapat mereka mendapatkan bantuan pengembangan nuklir dari Uni Soviet atau yang kini Russia dan juga beberapa ahli dari Cina.

Hingga saat ini tidak ada yang tahu pasti mengenai kekuatan dan jumlah hulu ledak nuklir yang dimiliki oleh Korea Utara.

Halaman:

Editor: Moh Haikal Aslikh Rosyada

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Hak-hak perempuan di Afghanistan, Jadi bahasan OKI

Jumat, 13 Januari 2023 | 16:53 WIB

Inilah Peraih Adam Malik Awards 2023

Rabu, 11 Januari 2023 | 23:16 WIB

600 Tentara Ukraina Telah Tewas di Tangan Rusia

Selasa, 10 Januari 2023 | 09:12 WIB
X