Tiga Rumah Sakit di Malang Ini Siap Beri Layanan Medical Tourism

- Jumat, 2 Desember 2022 | 19:14 WIB
MEDICAL TOURISM - RS Lavalalette Malang siap beri pelayanan medical tourism untuk pasien dan keluarga pasien yang berobat ke rumah sakit.  (KLIKTIMES.COM/YNA)
MEDICAL TOURISM - RS Lavalalette Malang siap beri pelayanan medical tourism untuk pasien dan keluarga pasien yang berobat ke rumah sakit. (KLIKTIMES.COM/YNA)

KLIKTIMES.COM | KOTA MALANG - Sebanyak tiga rumah sakit yang ada di kota Malang berkomitmen untuk mengembangkan kawasan Malang Medical tourism. Pernyataan itu diungkapkan oleh Direktur Rumah Sakit Lavalette, dr Mariani Indahri, saat ditemui Jumat (2/12/2022).

Maria sapaan akrabnya mengatakan jika RS Lavalalette hingga saat ini banyak menerima pasien tidak hanya dari wilayah Malang Raya saja melainkan juga dari luar Malang. Seperti Tulungagung, Probolinggo, hingga Jember.

Rata-rata para pasien berobat untuk sakit kanker dan cuci darah. Dari adanya pasien yang berobat hampir setiap pekannya itu, menurutnya dapat menangkap peluang terwujudnya layanan Medical Tourism karena tidak jarang pasien bersama keluarganya selain berobat juga ingin berwisata.

"Banyak juga yang kesini, terutama kasus cancer (kanker) dan hemodialisis (HD atau terapi cuci darah), penyakit HD kita ada paling jauh dari Jember. Atau pasien bisa sekalian travelling, misal pasien setelah check up, sambil menunggu hasilnya, berwisata dengan keluarganya, karena Malang Raya ini destinasi wisatanya banyak," kata Maria.

Dokter Maria mengatakan jika model program seperti ini telah berjalan di luar negeri, apalagi di Malang destinasi wisata baik alam maupun buatan sangat bisa diajukan atau dipromosikan.

"Hal-hal seperti ini di luar negeri sudah berjalan dan ini sebenarnya bisa kita lakukan, mau berwisata ke Malang dan Batu tapi juga sekalian cek kesehatan, sambil menunggu hasilnya sekalian berwisata," katanya.

Lebih lanjut, dikatakannya mewujudkan layanan Medical Tourism perlu adanya kolaborasi dengan pihak rumah sakit lainnya. Kini selain Lavalalette, terdapat dua rumah sakit lain yang berkomitmen untuk mendukung terwujudnya kawasan Malang Medical Tourism. Yakni, Persada Hospital Malang dan Rumah Sakit Hermina Malang.

Kolaborasi dilakukan dengan memaksimalkan layanan unggulan masing-masing rumah sakit. Seperti di RS Lavalette memiliki layanan unggulan menangani pasien dengan penyakit kanker dan terapi cuci darah.

"Tinggal penguatan saja supaya Malang bisa menjadi ikon (Medical Tourism) dan berjalan optimal. Sementara ini tiga rumah sakit, RS Persada, RS Lavalette dan RS Hermina. Masing-masing rumah sakit saling berkolaborasi dengan keunggulannya masing-masing," katanya.

Halaman:

Editor: Moh Haikal Aslikh Rosyada

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Polres Jember Janji Memburu Dalang Tambang Emas Liar

Jumat, 27 Januari 2023 | 15:04 WIB
X