DPRD Jember Gagas Ketetapan Hukum Daerah tentang Garis Sempadan Pantai

- Jumat, 2 Desember 2022 | 19:05 WIB
DISKUSI - Komisi B DPRD Jember mendiskusikan upaya penetapan garis sempadan pantai. (KLIKTIMES.COM/SUTRISNO)
DISKUSI - Komisi B DPRD Jember mendiskusikan upaya penetapan garis sempadan pantai. (KLIKTIMES.COM/SUTRISNO)

KLIKTIMES.COM | JEMBER - Kekosongan regulasi daerah menjadi salah satu akar masalah yang menyulut munculnya konflik sosial berkepanjangan di kawasan pesisir selatan Kabupaten Jember.

Hal itu merupakan pendapat yang dikemukakan oleh Komisi B DPRD Jember usai menelaah sebab-sebab pertentangan lahan sempadan pantai sepanjang Kecamatan Puger, Gumukmas, dan Kencong.

"Jember belum punya beleid tingkat daerah yang mengatur batas-batas garis sempadan pantai," ujar Sekretaris Komisi B, David Handoko Seto.

Menurut David, akar masalah tersebut harus segera diatasi supaya konflik sosial di wilayah pesisir dapat terkendali. Langkah awalnya dengan membuat regulasi yang berisi ketentuan titik koordinat sempadan.

Bentuk regulasi dapat berupa peraturan bupati (Perbup) atau peraturan daerah (Perda). Pilihan diantara kedua opsi itu tergantung pertimbangan yang paling memungkinkan untuk dilakukan dalam tempo secepat mungkin.

"Apakah Perbup atau Perda yang bisa dibuat secepatnya. Kita perlu pegangan aturan untuk menyelamatkan pesisir selatan dan kehidupan masyarakat sekitarnya," tutur politisi Partai NasDem itu.

Wakil Ketua Komisi B, Iqbal Wildan Wilda Fardana mengaku, pihaknya sedang menginventarisir sejumlah kajian untuk bahan yang diperlukan dalam menyusun Perda tentang garis sempadan pantai.

Bahan-bahan itu juga berguna apabila Perbup menjadi opsi yang dipilih untuk mengatur garis sempadan pantai. Komisi B bisa mengajukannya sebagai rekomendasi ke Bupati Jember, Hendy Siswanto.

Selain kajian, Iqbal menyebut, Komisi B melengkapinya dengan hasil studi banding saat kunjungan kerja ke DPRD Kabupaten Karangasem - Bali, pada Jumat, 2 Desember 2022.

Halaman:

Editor: Moh Haikal Aslikh Rosyada

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Polres Jember Janji Memburu Dalang Tambang Emas Liar

Jumat, 27 Januari 2023 | 15:04 WIB
X