Pulihkan Trauma, PPNI Kabupaten Mojokerto Kirim Enam Tenaga Trauma Healing Anak dan Popok

- Jumat, 2 Desember 2022 | 16:48 WIB
TRAUMA HEALING - Sebanyak enam tenaga perawat desa diterjunkan untuk trauma healing bersama sembako untuk korban gempa bumi Cianjur oleh DPD PPNI Kabupaten Mojokerto, Jumat (2/12/2022). (HO/KLIKTIMES.COM)
TRAUMA HEALING - Sebanyak enam tenaga perawat desa diterjunkan untuk trauma healing bersama sembako untuk korban gempa bumi Cianjur oleh DPD PPNI Kabupaten Mojokerto, Jumat (2/12/2022). (HO/KLIKTIMES.COM)

KLIKTIMES.COM | MOJOKERTO - Sebanyak enam tenaga kesehatan desa dikirim DPD PPNI Kabupaten Mojokerto untuk memulihkan trauma korban bencana alam. Utamanya anak-anak di lokasi pengungsian gempa bumi Cianjur, Jumat (2/12/2022).

Sejumlah sembako, seperti beras, garam, kecap, telur, bawang merah, dan mie instan pun dikirimkan ke para korban. Termasuk selimut, kasur lantai, pembalut, popok anak, makanan bayi, hingga susu cair diangkut menggunakan truk milik Dinsos Kabupaten Mojokerto, bersama satu unit ambulance.

Ketua DPD PPNI Kabupaten Mojokerto Mas'ud Susanto menjelaskan, untuk tenaga perawat atau medis nantinya akan difokuskan merawat proses pemulihan kondisi mental anak-anak dan lansia di lokasi pengungsian.

"Karena biasanya yang paling butuh perhatian serius adalah mereka yang berusia renta dan anak-anak, nah perawat nanti akan fokus ke trauma healing anak-anak," ujarnya.

Nantinya, tim kesehatan yang diambil dari sejumlah desa di Kabupaten Mojokerto ini akan memberikan stimulan permainan anak di kamp pengungsian Cianjur.

"Akan diajak bermain bersama, mereka dibuatkan hiburan. Intinya diajak berkomunikasi sambil memainkan permainan anak-anak. Jadi bisa meringankan trauma mereka setelah terkena musibah," ucap Mas'ud.

Dirinya menambahkan, semua bantuan ini berasal dari donasi seluruh anggota dan pengurus DPD PPNI Kabupaten Mojokerto yang mencapai Rp 46.021.000.

"Total uang yang terkumpul hingga hari ini sebesar Rp 46.021.000 juta dari 65 donatur," ujarnya.

Mas'ud menyebutkan, pihaknya berkoordinasi dengan Dinsos Kabupaten Mojokerto untuk proses penyalurannya. Termasuk juga terkait penentuan jenis bantuan apa saja yang dibutuhkan para korban.

Halaman:

Editor: Moh Haikal Aslikh Rosyada

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Polres Jember Janji Memburu Dalang Tambang Emas Liar

Jumat, 27 Januari 2023 | 15:04 WIB
X