Cerita Patung Bujanganong di Ponorogo Yang Menari Sendiri Bila Dengar Gamelan Reog

- Kamis, 1 Desember 2022 | 19:15 WIB
PATUNG-Patung Bujanganong di Perempatan Gajahmada Kelurahan Tonatan Kecamatan/ Kabupaten Ponorogo, Kamis (01/11/2022).KLIKTIMES.COM/RIYANTO
PATUNG-Patung Bujanganong di Perempatan Gajahmada Kelurahan Tonatan Kecamatan/ Kabupaten Ponorogo, Kamis (01/11/2022).KLIKTIMES.COM/RIYANTO

KLIKTIMES.COM | PONOROGO - Ikon kota santri dan kota budaya pantas disematkan pada Kabupaten Ponorogo, ada ratusan pondok pesantren berdiri di sini, kemudian kesenian reognya yang mendunia. Bahkan pemerintah setempat membuatkan patung patung ikonik soal reog pada perempatan perempatan. Dari patung Jatilan, Bujanganong, Warok hingga Dadak Merak mempertegas Ponorogo asal kesenian ini.

Saat melintas di Jalan Gajah Mada pada Kelurahan Tonatan Kecamatan/Kabupaten Ponorogo ini jadi teringat cerita turun temurun para orang tua kepada anaknya. Patung Bujanganong yang terletak di perempatan ini bila mendengar gamelan reog akan turun dari tempatnya dan menari.

Terang saja banyak anak-anak yang percaya cerita tersebut bila melihat patung ini secara langsung seakan akan hidup. Penari yang biasa disebut Bujanganong tersebut dibuat benar benar mirip dengan aslinya, berambut gimbal dengan topeng khas Ponorogo sedang menari.
Entah itu mitos atau fakta, yang jelas belum ada satu pun orang yang mengaku pernah melihat langsung dengan mata kepalanya sendiri Bujanganong tersebut akan menari meski suara gamelan reog berada di dekatnya.

Cerita itu terus menerus dituturkan oleh para orang tua kepada anaknya hingga menjadi bahan lucu lucuan bagi yang tahu cerita sebenarnya pada saat ini. Meski begitu ada saja yang percaya hingga terkernyit dahi mendengarnya.

Baca Juga: Intan Ayu Paramitasari, Pembarong Perempuan dalam Seni Tradisi Reog Ponorogo

Bagi yang sudah faham cerita tersebut akan tertawa terbahak bahak, karena cerita tersebut sengaja dibuat buat untuk menghibur anak-anak.

Secara logika mana ada patung yang bisa turun sendiri dari tempatnya, masa ada patung yang bisa mendengar suara gamelan reog. Sampai di sini tentu bagi yang membaca tulisan ini dan berfikir akan tertawa terbahak-bahak. (rin/lik)

Editor: Abdul Malik

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Polres Jember Janji Memburu Dalang Tambang Emas Liar

Jumat, 27 Januari 2023 | 15:04 WIB
X