• Sabtu, 3 Desember 2022

PBNU Undang Kelompok Hindu Sayap Kanan India dalam Forum R20, untuk Apa?

- Kamis, 29 September 2022 | 15:07 WIB
R20 - Juru bicara Forum R20, Muhammad Najib Azca. (HO/KLIKTIMES.COM)
R20 - Juru bicara Forum R20, Muhammad Najib Azca. (HO/KLIKTIMES.COM)

KLIKTIMES.COM | JAKARTA - Ada yang menarik dalam perhelatan Forum Agama G20 (R20) yang akan digelar di Nusa Dua Bali pada 2-3 November 2022 mendatang. Hal itu terlihat dengan bakal hadirnya organisasi kelompok nasionalis Hindu Rashtriya Swayamsevak Sangh (RSS).

Kehadiran Organisasi RSS itu diungkap oleh juru bicara Forum R20 Muhammad Najib Azca, setelah mendapatkan konfirmasi kehadiran Organisasi sayap kanan tersebut. Ia juga menyebut jika kehadiran kelompok itu atas undangan dari Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU).

"Undangan untuk kelompok ini setidaknya dilatari karena tiga alasan utama, yang pertama, R20 merupakan agenda yang menempel pada forum G20. Karena itu, peserta yang diundang sebagian besar mewakili negara-negara yang termasuk dalam Forum G20. India merupakan salah satu peserta G20," ucapnya dalam keterangannya yang diterima kliktimes, Kamis (29/9/2022).

pbnuBaca Juga: PBNU Sebut Bank Syariah Indonesia Besutan Erick Thohir Bawa Angin Segar Bagi Umat

Kedua, kata Najib, perwakilan RSS diundang karena organisasi itulah yang direkomendasikan oleh Pemerintah India. Sebab, RSS merupakan akar kekuatan dari Partai Bharatiya Janata (BJP) yang saat ini berkuasa di negara itu.

"Kita berkoordinasi dan mengundang tokoh yang direkomendasikan dari pemerintah India dalam R20. Rekomendasi untuk R20 salah satunya (tokoh) dari RSS,” Ujarnya.

Apalagi, lanjut Najib Presidensi G20 di tahun 2023 akan dipegang India. Karenanya, NU sebagai penyelenggara berkoordinasi dengan Pemerintah India dan mendapatkan rekomendasi dari mereka.

“Untuk India, kita mengikuti rekomendasi, (yaitu) dari RSS,” terangnya.

Baca Juga: Politisi PDIP Terseret Kasus Maling Hektaran Lahan Tebu yang Disewa Ketua NasDem Jember

Halaman:

Editor: Moh Haikal Aslikh Rosyada

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Daftar Lengkap Spotify Wrapped tahun 2022

Kamis, 1 Desember 2022 | 12:18 WIB
X