• Sabtu, 3 Desember 2022

Hari Batik Nasional dan Sejarahnya, Ada Sejak Masa Majapahit

Nur
- Kamis, 29 September 2022 | 11:45 WIB
Hari Batik Nasional - Ilustrasi pembatik oleh Angles N Views/Pixabay.
Hari Batik Nasional - Ilustrasi pembatik oleh Angles N Views/Pixabay.

 

KLIKTIMES.COM|JAKARTA- Menjelang Hari Batik Nasional yang diperingati setiap tanggal 2 Oktober, banyak yang tertarik dengan sejarah batik.

Batik di Indonesia diperkirakan ada sejak masa Kerajaan Majapahit.

Saat ini, batik juga sudah masuk ke dalam daftar Perwakilan Warisan Budaya Tak Benda United Nations of Educational, Scientific and Cultural Organization (UNESCO) sejak tahun 2009.

Sebagai informasi, Hari Batik Nasional ditetapkan ketika Batik diakui dalam sidang ke-4 komite antar-pemerintah tentang Warisan Budaya Tak-Benda yang diselenggarakan UNESCO di Abu Dhabi.

Baca Juga: Misteri Sosok Joko Kendil, Naik Macan Putih Cari Tongkat Syeh Jangkung di Muria

Dalam agenda tersebut, UNESCO mengakui batik, wayang, keris, noken, dan tari saman sebagai Budaya-Tak Benda warisan manusis oleh UNESCO.

Pemerintah Indonesia menerbitkan Kepres No 33 Tahun 2009 yang menetapan hari Batik Nasional juga dalam rangka meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap upaya perlindungan dan pengembangan batikIndonesia.

Sekretaris Jenderal Menteri Dalam Negeri Hadi Prabowo menandatangani Surat Edaran Nomor 003.3/10132/SJ tentang Pemakaian Baju Batik dalam Rangka Hari Batik Nasional 2 Oktober 2019.

Berdasarkan surat edaran tersebut, Kementerian Dalam Negeri mengimbau seluruh pejabat dan pegawai di lingkungan pemerintah daerah provinsi dan kabupaten/kota untuk menggunakan baju batik pada Rabu (2/10/2019).

Halaman:

Editor: Nur

Sumber: Wikipedia

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Daftar Lengkap Spotify Wrapped tahun 2022

Kamis, 1 Desember 2022 | 12:18 WIB
X