• Sabtu, 3 Desember 2022

Lahan Kosong Terbakar di Mojokerto, Masyarakat Diminta Hati-hati

- Rabu, 28 September 2022 | 18:50 WIB
Pemadaman lahan terbakar. Ist
Pemadaman lahan terbakar. Ist

KLIKTIMES.COM | MOJOKERTO - Kebakaran lahan terjadi di Kabupaten Mojokerto. Dua hektar lahan kosong milik warga di Dusun Mojojejer, Desa Pesanggrahan, Kecamatan Kutorejo terbakar, pada Rabu (28/9/2022).

Peristiwa ini terjadi sekitar pukul 13.05 WIB, saat kondisi cuaca cerah dengan suhu 21 hingga 31 °C di lahan milik Gunawan.

"Kami dapat laporan dari warga, bahwasanya telah terjadi kebakaran lahan Ilalang di lahan milik Gunawan," ucap Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Mojokerto Djoko Supangkat.

Namun, lanjut Djoko, pihaknya masih belum mengetahui penyebab kebakaran lahan seluas dua hektare itu. Meski begitu, timnya harus menerjunkan dua unit mobil damkar untuk memadamkan dan melakukan pembayaran di area yang terbakar.

"Penyebabnya masih dalam dalam penyelidikan, tapi api berhasil dipadamkan. Meski kecepatan angin mencapai 30 kilometer perjam," ucap Djoko.

Ia menghimbau agar masyarakat lebih berhati-hati agar tidak sembarangan membuang puntung rokok yang mampu memicu kebakaran lahan. Maupun dengan sengaja membakar lahan di saat kondisi kemarau seperti ini.

Tercatat sejak bulan Agustus lalu, ada 29 laporan kebakaran lahan yang diterima petugas pemadam kebakaran (Damkar) BPBD Kabupaten Mojokerto.

"Harapan warga harus hati-hati, utamanya pengendara yang membuang puntung rokok sembarangan. Kalau pun ingin membakar lahab harus ditunggu agar tidak menimbulkan kebakaran lahan," pungkasnya. (qd/sre)

Editor: Moh Haikal Aslikh Rosyada

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pohon Tumbang Tutup Akses Jalan Raya Panekan Magetan

Jumat, 2 Desember 2022 | 22:57 WIB
X