• Sabtu, 3 Desember 2022

Kemenag Luncurkan Tema dan Logo Peringatan Hari Santri 2022

- Rabu, 28 September 2022 | 15:22 WIB
Logo Hari Santri 2022
Logo Hari Santri 2022

KLIKTIMES.COM | JAKARTA - Kementerian Agama melaunching tema dan logo untuk peringatan Hari Santri Tahun 2022. Adapun Tema Dari peringatan Hari Santri 2022 ini adalah Berdaya Menjaga Martabat Kemanusiaan.

Sementara untuk logo terlihat dua lingkaran seperti daun berwarna hijau dan biru melingkar dan bergandengan satu sama lainnya atas dan bawah. Kemudian di tengah ada satu titik bulat berwarna oranye seperti matahari.

Logo tersebut mengambil filosofi merangkul (melindungi, peduli), jabat tangan (saling membantu), daun (energi dan harapan), serta infinity (tak hingga), matahari (sumber energi, daya yang tak habis), dan mata (melihat dan mengamati).

Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas mengatakan Tema tersebut mengandung pesan, santri adalah pribadi yang selalu siap sedia mendarmabaktikan hidupnya untuk bangsa dan negara. Selain itu dengan segala kemampuannya, bisa menjadi apa saja

"Santri itu tidak hanya ahli dalam ilmu agama, tetapi juga menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi. Meski bisa menjadi apa saja, santri tidaklah melupakan tugas utamanya menjaga agama. Sehingga dpat enjaga martabat kemanusiaan adalah salah satu tujuan diturunkannya agama,” ucap Menag dalam rilisnya yang diterima Kliktimes Rabu (28/9/2022).

Sebelumnya, dalam peluncuran tema dan logo hari Santri Tahun 2022 yang disiarkan langsung di kanal YouTube Kemenag, Selasa (27/9/2022). Menag Yaqut mengingatkan tentang adanya pihak yang tidak suka dan benci dengan kemajuan para santri. Mereka melakukan generalisasi secara berlebihan atas peristiwa yang terjadi di pesantren.

Ia mencontohkan ketika ada satu atau dua santri yang diduga melakukan tindak kekerasan. Hal itu kemudian digeneralisasi seakan menjadi potret perilaku umum para santri.

"Hal itu dilakukan karena ketidaksukaan. Ini harus dijawab oleh para santri,” ucap menteri yang kerap disapa Gus Yaqut dikutip dalam tayangan kanal YouTube Kemenag.

Selain itu, Kata Gus Yaqut kebencian dan ketidaksukaan terhadap para santri harus dilawan. Caranya dengan prestasi, belajar yang benar dan sungguh-sungguh.

Halaman:

Editor: Moh Haikal Aslikh Rosyada

Tags

Terkini

Daftar Lengkap Spotify Wrapped tahun 2022

Kamis, 1 Desember 2022 | 12:18 WIB
X