• Sabtu, 3 Desember 2022

Lapor Bu Gubernur! Harga Telur Ayam di Kabupaten Magetan Hancur, Hanya Rp 19 Ribu per Kilogram

- Rabu, 28 September 2022 | 14:24 WIB
Suwarno alias Soni peternak ayam petelur di Desa Milangasri Panekan Magetan, Rabu (28/09/2022).
Suwarno alias Soni peternak ayam petelur di Desa Milangasri Panekan Magetan, Rabu (28/09/2022).

KLIKTIMES.COM | MAGETAN - Harga telur ayam di Kabupaten Magetan sempat mengembirakan, Rp25 hingga Rp26 ribu per kilogram. Namun sebulan ini harga telur ayam terjun bebas Rp19 ribu per kilogramnya. Peternak tekor bu Khofiffah, operasi pasar murah disinyalir membuat peternak merugi.

"Bagaimana tidak tekor, harga pakan mahal sedang harga telur murah tidak sebanding dengan harga produksi. Harga jual telur ayam cukup untuk memberi pakan, sedang upah pekerja dan pemilik tidak kebagian apa-apa," kata salah satu peternak bernama Suwarno atau akrab disapa Soni tersebut kepada kliktimes.com, Rabu (28/09/2022).

Ditanya apa penyebab anjloknya harga telur ayam saat ini Soni mengaku tidak tahu persis meski saat ini musim hajatan, tetapi harga telur ayam ditingkat peternak justru anjlok. Soni menduga oprasi pasar murah yang digelar Disperindag Provinsi dengan menjual harga telur Rp20 ribu menjadi pemicunya.

"Disperindag Provinsi pada oprasi oprasi pasar menjual telur murah banget, yaitu Rp20 ribu perkilogramnya. Ini yang kami duga menjadi pemicunya, tolonglah bu Gubernur Khofiffah jangan menjual dibawah harga kandang," pinta Soni.

Selain itu, lanjutnya, beredarnya telur breeding juga turut menjadi pemicu anjloknya harga telur pada tingkat peternak sekarang ini. Telur breeding dari perusahaan perusahaan dijual sangat murah, sedangkan harga pakan mahal.

"Pemilik perusahaan perusahaan bibit dan pakan tidak hanya memproduksi bibit dan pakan mereka juga turut beternak dengan kapasitas besar sehingga telur yang mereka produksi dijual dan membanjiri pasar. Peternak lokal kaya saya jika mau untung minimal harga telur di kandang Rp24 ribu," ungkapnya.

Soni mengungkapkan, jika dahulu selama telur murah sempat menjual satu unit motor Yamaha Nmaxnya dan satu unit mobil agar bisa bertahan dan tidak gulung tikar. Modalnya motor dan mobil belum balik harga telur kembali hancur lagi.

"Untuk itu Ibu Gubernur, Ibu Khofiffah kami mohon regulasi dan aturan untuk ditegakkan, larang telur telur breeding untuk dijual bebas. Operasi pasar pun ya kira-kiralah, kemudian mau berapa lagi peternak kita gulung tikar," pungkasnya.

Pantauan harga telur ayam di pasar sayur Magetan dan pasar pasar tradisional di Magetan saat ini dijual paling mahal Rp22 ribu dan paling murah Rp21 ribu. (rin/sre)

Halaman:

Editor: Moh Haikal Aslikh Rosyada

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pohon Tumbang Tutup Akses Jalan Raya Panekan Magetan

Jumat, 2 Desember 2022 | 22:57 WIB
X