• Sabtu, 3 Desember 2022

Bagaimana Kabar Lidik Dugaan Korupsi Bagian Umum Jember oleh Polisi?

- Selasa, 27 September 2022 | 17:19 WIB
Kegiatan rehab rumah dinas Bupati Jember dilakukan sejak bulan Mei 2021 silam. (SUTRISNO)
Kegiatan rehab rumah dinas Bupati Jember dilakukan sejak bulan Mei 2021 silam. (SUTRISNO)

KLIKTIMES.COM | JEMBER - Sudah lima bulan berlalu, Satreskrim Polres Jember menyelidiki dugaan korupsi anggaran Bagian Umum Pemkab Jember. Namun, belum kunjung memperlihatkan hasil signifikan.

Jumadi Made, Relawan Militan Jember (RMJ) beranggapan bahwa kinerja kepolisian terkesan lambat dalam mengusut perkara rasuah.

"Sejak awal bukti petunjuk sudah banyak dibuka oleh publik. Tapi, justru apa perkembangan yang diperoleh polisi selama melakukan penyelidikan hampir setengah tahun?," keluhnya, Selasa, 27 September 2022.

Menurut dia, seharusnya dengan waktu selama lima bulan penyidik kepolisian sudah memperoleh banyak hal krusial. Semisal, bukti dokumen pertanggung jawaban anggaran, dan keterangan saksi-saksi.

Pihak kepolisian, masih kata Jumadi, semestinya berinisiatif mengambil langkah untuk menunjukkan penanganan kasus secara transparan kepada publik. Yakni, mengumumkan garis besar pada setiap materi hasil penyelidikan.

Apalagi, beberapa elemen termasuk RMJ telah memperoleh informasi kaitan penyidik yang sudah mengantongi sejumlah alat bukti petunjuk indikasi korupsi anggaran Bagian Umum. Bahkan, diperkuat keterangan saksi-saksi rekanan pengadaan sampai tingkat terbawah dari warga biasa yang dipekerjakan sebagai tukang.

"Di tengah krisis kepercayaan publik, polisi harus berupaya memperbaiki citranya sebagai penegak hukum. Saat menangani kasus korupsi tidak boleh adem-adem saja. Sampaikanlah kepada masyarakat apa saja yang ditemukan dalam kasus Bagian Umum. Meskipun, tidak sampai masuk ke materi pokok perkara, minimal garis besarnya," tutur Jumadi.

Jumadi menyatakan, pihaknya akan berupaya mendorong dukungan publik agar polisi bertindak lebih serius. Sebab, santer diisukan sikap polisi minder menangani secara tegas kasus ini karena anggaran Bagian Umum diantaranya menyangkut rehab rumah dinas Bupati Jember.

"Tentu, kami mensupport penuh supaya polisi benar-benar serius memberantas korupsi. Prinsip dalam penegakan hukum, tidak boleh dihalangi oleh rasa sungkan hanya lantaran yang dihadapi pejabat," ujarnya.

Halaman:

Editor: Moh Haikal Aslikh Rosyada

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pohon Tumbang Tutup Akses Jalan Raya Panekan Magetan

Jumat, 2 Desember 2022 | 22:57 WIB
X