• Kamis, 29 September 2022

Percepat Pemulihan Ekonomi Nasional, LPEI Gandeng LDKPI

- Kamis, 22 September 2022 | 15:45 WIB
Direktur Utama LDKPI,  Tormarbulang Lumbantobing (kiri) dan Direktur Eksekutif LPEI,  Riyani Tirtoso (kanan) berbincang santai seusai penandatanganan MoU peningkatan ekspor nasional. (Dok. Humas LPEI)
Direktur Utama LDKPI, Tormarbulang Lumbantobing (kiri) dan Direktur Eksekutif LPEI, Riyani Tirtoso (kanan) berbincang santai seusai penandatanganan MoU peningkatan ekspor nasional. (Dok. Humas LPEI)

KLIKTIMES.COM | JAKARTA - Lembaga Pembiayaan Ekspor Nasional (LPEI) tak henti-hentinya memperluas kerjasamanya, khususnya dalam hal meningkatkan ekspor nasional. Kali ini instansi tersebut menggelar Memorandum of Understanding (MoU) dengan Lembaga Dana Kerja Sama
Pembangunan Internasional (LDKPI), Senin, 19 September 2022.

Tujuan dari kerjasama ini untuk mempercepat pemulihan ekonomi nasional (PEN), khususnya dengan meningkatkan ekspor nasional.

Penandatanganan MoU dilakukan oleh pimpinan dua instansi tersebut. Dari LPEI, di wakili Direktur Eksekutif, Riyani Tirtoso, dan LDKPI diwakili oleh, Direktur Utama, Tormarbulang Lumbantobing.

Riyani mengatakan, dengan kerjasama ini pihaknya optimis bisa menggenjot pertumbuhan ekspor nasional. "Targetnya tumbuh 7,9 persen di tahun ini (2022 -red). Oleh karena itu, MoU ini menjadi penting," ujarnya, Selasa, 20 September 2022.

Lebih lanjut, Riyani mengungkapkan, hingga bulan Agustus 2022, ekspor Indonesia mencatat rekor tertinggi dalam sejarah. Yakni 27,91 miliar dolar atau naik 30,15 persen.

"Untuk itu, kami membantu para pelaku UMKM yang berorientasi ekspor. Sehingga produk mereka bisa bersaing di pasar mancanegara," imbuhnya.

Untuk itu, Riyani membeberkan, pihaknya memberi dukungan kepada pelaku UMKM dalam bentuk penyediaan fasilitas. Mulai dari pembiayaan, penjaminan, asuransi dan jasa konsultasi.

"Dengan fasilitas ini kami harap bisa bersinergi dengan LDKPI dalam rangka optimalisasi pelaksanaan pemberian hibah. Sehingga langkah ini dapat mendukung peningkatan ekspor nasional," tegasnya.

Riyani berharap, kerjasama antara dua instansi ini bisa semakin meningkat. "Kami berharap peluang kolaborasi dengan LDKPI dapat terus ditingkatkan, sekaligus menciptakan manfaat yang diharapkan dapat meningkatkan LPEI dalam mendukung kerjasama pembangunan internasional," pungkasnya.

Halaman:

Editor: Moh Haikal Aslikh Rosyada

Tags

Terkini

Kebakaran Hutan Gunung Ciremai dapat Dikendalikan

Rabu, 28 September 2022 | 14:35 WIB

Ini Alasan Massa SPI Geruduk Kantor Kementan

Selasa, 27 September 2022 | 17:46 WIB
X