• Kamis, 29 September 2022

Kejari Magetan Periksa 90 Saksi Dugaan Korupsi PNPM Karas

- Kamis, 22 September 2022 | 15:16 WIB
Kejaksaan Negeri Magetan, jalan Karya Dharma Magetan, Kamis (22/09/2022).
Kejaksaan Negeri Magetan, jalan Karya Dharma Magetan, Kamis (22/09/2022).

KLIKTIMES.COM | MAGETAN - Dugaan korupsi Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) tahun 2018 hingga 2020 di Kecamatan Barat terus bergulir. Kejaksaan Negeri Magetan mengaku telah rampung memeriksa 90 saksi dan tinggal menunggu laporan dari Badan Pemeriksa Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Jawa Timur.


Disampaikan Kejari Magetan Atik Rusmiaty Ambarsari melalui Kasi Pidsus Sulistyo Utomo, pihaknya telah rampung memeriksa sebanyak 90 saksi. Mulai dari Unit Pengelola Kegiatan (UPK) hingga kelompok masyarakat (Pokmas) yang menjadi nasabah PNPM Kecamatan Karas.


”Sudah kita lakukan pemeriksaan terhadap 90 saksi, mulai dari kelompok serta UPK maupun kelompok masyarakat yang ada kaitan dengan PNPM. Kini tinggal menunggu laporan BPKP yang saat ini mungkin juga telah rampung memeriksanya," kata Sulistyo kepada kliktimes.com, Kamis (22/09/2022).


Sudah empat hari ini, lanjutnya, BPKP turun ke Kecamatan Karas untuk klarifikasi kepada para pengurus PNPM.

Baca Juga: Dua Hari Dibuka, 34 Orang Melamar Jadi Panwascam di Magetan


"Kita tinggal tunggu laporan BPKP setelah itu baru kita ketahui jumlah kerugian negara berapa. Dugaan sementara ya di atas satu milyar," imbuhnya.


Ditanya lebih lanjut seperti apa modus mereka dalam melakukan dugaan korupsi, Sulistyo membeberkan singkat, jika pelaku ini tidak menyetorkan danannya ke khas, melainkan mengunakan uangnya untuk kepentingan pribadi.


"Untuk tersangkanya siapa kita belum bisa jelaskan, belum ada laporan BPKP saat ini. Nantilah kita sampaikan lengkapnya jika kita sudah selesai penyelidikannya," pungkasnya. (rin/sre)

Editor: Moh Haikal Aslikh Rosyada

Tags

Terkini

X