• Kamis, 8 Desember 2022

Mahaenis Ingin Semua Sekolah di Kabupaten Blitar menjadi Sekolah Adiwiyata

- Kamis, 24 Januari 2019 | 23:08 WIB
marhaenis__wabup_blitar__01
marhaenis__wabup_blitar__01

BLITAR | PETAPORTAL-Wakil Bupati Blitar Marhenis Urip Widodo menaruh harapan besar semua lembaga sekolah di wilayahnya bisa menjadi sekolah adiwiyata.

Sebab sekolah adiwiyata sebagai progran pendidikan peduli dan berbudaya lingkungan ini adalah media yang baik dan ideal untuk mendapatkan ilmu pengetahuan, pelbagai norma serta etika ini, tidak hanya akan berpengaruh positif terhadap perkembangan sekolah. Namun juga terhadap perkembangan karakter peserta didik itu sendiri.

"Secara pribadi saya berharap ke depannya nanti, sekolah yang belum mendapatkan adiwiyata, bisa mengikuti adiwiyata dan meraih atau berstatus sekolah adiwiyata. Sedangkan sekolah yang sudah meraih adiwiyata, bisa naik ke tingkat yang lebih atas. Misalnya sekolah yang sudah meraih adiwiyata tingkat kabupaten, bisa naik ke tingkat provinsi, kemudian bisa naik ke tingkat nasional. Semoga ada progres dan sekolah yang belum mendapatkan adiwiyata bisa segera menjadi sekolah adiwiyata,” jlentreh Marhaenis di hadapan ratusan kepala sekolah dan tim adiwiyata mulai tingkat SD dan SMP sederajat saat mengikuti bimbingan teknis (bimtek) penyusunan portofolio sekolah adiwiyata di Ruang Panataran Pemkab Blitar di Kanigoro, Kamis (24/01/2019 pagi).

Menurut dia, kegiatan bimtek ini sudah digelar selama delapan tahun atau sejak 2011 lalu dan merupakan kegiatan rutin tahunan, diharapkan bisa mengantarkan sekolah meraih penghargaan adiwiyata. Ini dibuktikan dengan banyaknya sekolah di Kabupaten Blitar, yang meraih adiwiyata mulai dari tingkat SD hingga SMP dan SMA sederajat. Berkaitan itu Pemkab Blitar akan terus berkomitmen dengan memberikan dorongan kepada sekolah dan organisai perangkat daerah (OPD) yang menaungi adiwiyata.

“Oleh karenanya program adiwiyata ini harus kita dukung karena berdampak positif dan bisa membentuk karakter siswa dalam hal lingkungan,” ujar Marhaenis dalam gelaran yang juga Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Pemkab Blitar Krisna Triatmanto dan dua narasumber dari DLH Provinsi Jawa Timur.

-

Bukan Sebatas Program untuk Lomba

Dia juga berharap selanjutnya terbangun sinergi masif antara LH dengan Dinas Pendidikan dalam pembinaan sekolah adiwiyata sehinggasemakin banyak sekolah di masa datang yang ikut bersaing dalam tataran adiwiyata di level nasional. Begitu pula dukungan orang tua agar sekolah-sekolah memiliki daya dukung yang kuat untuk menjaga lingkungannyaakan menjadi amunisi luar biasa.

Namun demikian, Marhaenis mengingatkan sejarah dan manfaatnya yang sangat besar, adiwiyata diharapakan bukan sebatas nama program untuk tujuan lomba saja. Tetapi harus  bisa dilaksanakan oleh semua pihak yang peduli lingkungan hidup. Karena program ini terbukti mampu membangun karakter generasi bangsa.

Halaman:

Editor: Hendik Yuantoro

Terkini

Lord Rangga Meninggal, Sunda Empire Berduka

Rabu, 7 Desember 2022 | 08:26 WIB
X